Wednesday 15 November 2017

Playoff Piala Dunia 2018 Australia Jadi Wakil Kelima Asia di Piala Dunia


BARAKBOLA.  Australia jadi wakil Asia kelima di Piala Dunia 2018. Lewat sepasang gol Mile Jedinak, Socceroos menang 3-1 atas Honduras di leg kedua playoff.

Pada laga yang dihelat di ANZ Stadium, Sydney, Rabu (15/11/2017) sore WIB, Australia tampil dengan kekuatan penuh termasuk menurunkan pemain gaek Tim Cahill di lini depan yang didukung Tom Rogic serta Aaron Mooy.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, Australia memang menguasai pertandingan tapi mereka kesulitan menembus pertahanan Honduras sepanjang 45 menit pertama.

Hingga turun minum, skor 0-0 tetap bertahan. Barulah di babak kedua, Australia bisa memecah kebuntuan pada menit ke-54.

Diawali free kick di depan kotak penalti Honduras, tembakan Jedinak yang mengenai badan Maynor Figueroa dan mengecoh kiper Donis Escober sebelum mengubah skor jadi 1-0.

Setelah gol itu, Australia sempat mendapat peluang lewat sepakan keras Cahill tapi bola menerpa mistar gawang.

Tekanan terus menerus dari Australia akhirnya berbuah gol kedua pada menit ke-72 ketika handball Bryan Acosta. Jedinak yang jadi eksekutor sukses menempatkan bola di luar jangkauan Acosta. Skor 2-0 untuk tuan rumah.

Jedinak kembali mencetak gol lagi pada menit ke-85 dan lagi-lagi lewat titik putih menyusul pelanggaran Jerry Palacios kepada Robbie Kruse. Kali ini sepakan Jedinak mampu mengecoh Acosta.

Honduras baru bisa mencetak gol di menit ke-93 lewat sepakan Figueroa menyusul kemelut di depan gawang Australia. Skor 3-1 pun mengantarkan Australia lolos ke Rusia setelah leg pertama berakhir 0-0.

Australia jadi negara ke-31 yang memastikan diri jadi peserta Piala Dunia. Bagi Tim Kangguru, ini adalah penampilan kelima mereka setelah 1974, 2006, 2010, dan 2014.

Pencapaian terbaik adalah babak 16 besar tahun 2006 sebelum disingkirkan Italia. Australia menyusul empat wakil Asia lainnya yang lolos dari kualifikasi babak ketiga yakni Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

0 comments:

Post a Comment